Bentuk Bentuk Pecahan - Post Modern
Headlines News :
Home » » Bentuk Bentuk Pecahan

Bentuk Bentuk Pecahan

Written By Unknown on Minggu, 19 Mei 2013 | 10.25



Fracture (pecahan)

Pecahan adalah kemampuan mineral untuk pecah melalui bidang yang tidak rata dan tidak teratur merupakan kenampakan pecahan dari mineral.
Kebanyakan ditunjukkan oleh mineral yang tidak mempunyai bidang belahan, misal kwarsa menunjukkan kenampakan seperti pecahan kaca yang disebut konkoidal. Kebanyakan mineral menunjukkan pecahan tidak rata.
Pecahan dapat dibedakan menjadi:
•    Pecahan Konkoidal, bila memperlihatkan gelombang yang melengkung di permukaan; contoh : Kuarsa.

•    Pecahan Berserat/Fibrus, bila menunjukkan kenampakan seperti serat, contohnya asbes, augit;

•    Pecahan Tidak Beraturan (tidak rata), bila memperlihatkan permukaan yang tidak teratur dan kasar, misalnya pada garnet;

•    Pecahan Bergerigi (Runcing), bila permukaannya tidak teratur, kasar, dan ujungnya runcing-runcing, tajam. Contohnya mineral kelompok logam murni; copper,native metals (Cu Ag).

•    Pecahan Rata, bila permukaannya rata dan cukup halus, contohnya: mineral lempung. Lempung adalah material yang memiliki ukuran diameter partikel. Mineral lempung merupakan penyusun batuan sedimen dan penyusun utama dari tanah (Nelson, 2001).Batu lempung adalah merupakan kumpulan dari mineral lempung yang termasuk jenis batuan sedimen yang mempunyai ukuran butir

Bentuk mineral dapat dikatakan kristalin, bila mineral tersebut mempunyai bidang kristalyang jelas dan disebut amorf, bila tidak mempunyai batas-batas kristal yang jelas. Mineral-mineral di alam jarang dijumpai dalam bentuk kristalin atau amorf yang ideal, karena kondisi pertumbuhannya yang biasanya terganggu oleh proses-proses yang lain.

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Post Modern - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger